[FR] Kunjungan Singkat Saya ke Candi Prambanan

prolog: kegiatan ini sejatinya adalah bagian dari "ujung" rangkaian cerita ini..
yupz, karena memang destinasi saya pada waktu itu adalah ingin mengunjungi tempat ini.. sebenarnya cita-citanya sih sudah lama ingin ke sini, tapi baru kesampaian hari minggu pekan lalu.. Alhamdulillah

Pagi itu, setelah turun dari KA Prameks 274, saya kemudian langsung ngacir ke kawasan jalan Malioboro guna nyegat bus Trans Jogja no 3A.. Rencananya, saya akan ke TKP dengan menumpang jenis angkutan umum yang berwarna dominan kuning hijau ini..

 

*maaf nggak sempat ngambil pict penampakan busnya

 

Menurut info yang saya dapat (dari waktu sebelumnya), kita cukup sekali saja naik angkutan ini buat mencapai kawasan Prambanan..

 

Oh ya lupa, bus Trans Jogja ini tarifnya seharga Rp 3.600 dan ini flat, mau jauh atau dekat tetap sama harganya.. Asyiknya dengan tarif segitu, bisa memakai sistem transit sebagaimana layanan Trans Jakarta di ibu kota negara kita tercinta a.k.a Jakarta..jadi mau gonta-ganti berapa kali bus pun, asal nggak keluar dari gate halte bus tsb, kita nggak dikenai tarif lagi.. Hehe

 

nah kira-kira seperti inilah penampakan bus Trans Jogja yang saya maksuddi atas

*sumber gambal dari mbah Google

Singkat cerita, setelah menempuh waktu kurang lebih 1 jam (kalau nggak salah), akhirnya bus Trans Jogja yang saya naiki tiba jua di halte Prambanan, halte yang jadi tujuan saya dalam perjalanan ini..

*FYI: halte Prambanan ini juga merupakanan halte terminusnya rute ini (no. 3A)

Setelah turun dan keluar gate (halte), saya sempat kesasar jauh saat hendak mencari-cari tempat yang saya tuju (kawasan wisata Prambanan). Tapi untung kemudian akhirnya ketemu juga..

Alhamdulillah

Usut punya usut, kenapa waktu itu saya bisa tersesat karena ternyata saya salah arah. Harusnya pas keluar dari gate itu, saya berjalan ke arah utara (ke arah jalan raya besar) & terus kemudian berjalan ke arah timur. Tapi waktu itu saya malah berjalan ke arah selatan & sempat belok arah ke timur (agak ke tenggara).. Hehe

Tapi salah saya juga sih, kenapa waktu itu (pas baru keluar dari gate) saya nggak sempat tanya-tanya ke orang-orang di sekitar halte tsb. Yang ada saya malah cuek saja & merasa yakin kalau saya tahu arahnya kemana (tempat tujuan saya)..

*hemmh, sepertinya peri bahasa "malu bertanya sesat di jalan" itu masih berlaku ya di zaman yang katanya sudah modern ini? wkwkwk


Setelah ketemu, kemudian saya masuk kesana. Cukup jauh ternyata jalannya dari pintu gerbang (gapuranya) ke pintu masuk utama. Belum lagi dari halte ke gapuranya tsb. Apalagi sebelumnya saya sempat ke sasar. Beuh cukup gempor juga waktu itu kaki saya dibuatnya.. Wkwkwk

FYI: sebenarnya di halte Prambanan banyak yang menawarkan jasa transportasi seperti becak atau ojek, buat menuju TKP..cuma waktu itu saya ogah memakainya dengan alasan PENGHEMATAN.. haha

Dan berikut ini adalah foto-foto yang sempat saya abadikan di tempat wisata yang juga jadi ikonnya kota gudeg tsb:


pintu gate masuknya

*hemmh, sekilas mirip seperti pintu gate in out buat penumpang KRL CL ya.. hanya bedanya jika di KRL bisa dipake untuk masuk & untuk keluar juga..tapi di sini cuma dipakai buat masuknya saja, karena buat pintu keluarnya menggunakan gate yang berbeda (lihat nanti foto dibawahnya).. dan sama seperti KRL CL juga, di sini pun masuknya pakai sejenis kartu khusus (yang dibeli di loket)

sebuah balai (atau apa ya namanya?) yang kalau nggak salah tempat media informasinya seputar kawasan wisata ini


 beberapa spot menarik di sana yang sempat saya abadikan kala itu

 TSnya selpie heula ah.., wkwkwkwk

 lagi, beberapa spot yang menrik yang sempat saya take waktu itu

kalau nggak salah, gedung ini merupakan tempat galeri benda-benda kuno atau klasik (seperti museum gitulah).. tapi di sini juga ada pertunjukan musik gamelan khas jawa, lengkap dengan para sindennya..

nah ini nih, gate pintu keluarnya yang ternyata sangat jauh berbeda dengan gate pintu masuknya




Nah, itulah teman-teman blogger, sekilas cerita tentang kunjungan saya ke kawasan candi Prambanan beberapa waktu yang lalu. Semoga cerita saya ini bisa bermanfaat buat anda semua..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[TR] KA Bima 44, Gambir-Purwokerto (17 Agustus 2016)

[TR] KA Menoreh 150 Pasar Senen-Semarang Tawang

Pengalaman Ternyaman di KA Kertajaya (TR zadoel)